Jumat, 04 Desember 2009

Facebook, Mulai Dilirik Pemkot Denpasar

Hampir sebagian pengguna internet di dunia kini keranjingan Facebook. Sebagai web jejaring sosial, facebook banyak memiliki kelebihan salah satunya adalah sebagai media diskusi diantara pengguna-penggunanya. Dimulai dari obrolan ringan di Warung Subak Denpasar, Bapak Rai Mantra Walikota Denpasar mencetuskan ide untuk melanjutkan diskusi ke dunia maya alias facebook. Bersama para wakil Industri Kreatif Bali untuk santap siang, Pemkot Denpasar menginginkan setiap kebijakan bisa dishare ke masyarakat luas terutama yang peduli dengan Kota Denpasar. Ada beberapa pejabat Pemkot yang aktif menggunakan facebook seperti Bapak Rai Darmawijaya Mantra (Walikota Denpasar), Gde Dharma Duaja (Kepala Dinas Kominfo Denpasar), Dewa Agung (Kepala Bagian Perekonomian Denpasar) dan Nyoman Aryana (Staf Ahli Pemerintahan Denpasar).

Tahun 2009 memang ditunjuk sebagai tahun Ekonomi Kreatif untuk Kota Denpasar. Ini bisa dibuktikan dengan diadakan beberapa pameran dan festival yang melibatkan dunia industri terutama industri kecil menengah. Gajah Mada Town Festival akhir tahun 2008, Pasar Lais Meseluk di 4 kecamatan di Kota Denpasar dan beberapa pameran lainnya mampu mendatangkan banyak warga Kota Denpasar yang sudah lama tidak merasakan hiburan seperti kuliner, pasar murah, live musik, parade ndek, parade motor tua dan lainnya.

Sepertinya Pemkot membaca keinginan dari warganya. Perlu ada kebijakan-kebijakan Pemerintah yang bisa dishare ke masyarakat dan industri kreatif yang akan mendukung kebijakan tersebut sehingga kebijakan tersebut dapat dirasakan warga kota. Dengan fasilitas kritik saran dan komunitas forum yang tersedia di portal Denpasar (www.denpasarkota.go.id), Pemkot ingin men-share kebijakan tersebut. Perkembangannya, kini Pemkot pun mulai melirik facebook sebagai media diskusi. Walikota Denpasar telah memerintahkan Kepala Dinas Kominfo beserta staf ITnya untuk mengenalkan facebook dikalangan pegawai Pemkot Denpasar. Sehingga terjalin komunikasi untuk mendapatkan ide-ide kreatif dalam membangun Kota Denpasar.


Kita tunggu saja sejauh mana penggunaan facebook ini efektif dilakukan. Mudah-mudahan apapun kebijakan yang dishare ke masyarakat luas, bisa mendapatkan hasil yang memuaskan bagi warga Kota.

Forum Denpasar : http://www.denpasarkota.go.id/komunitas/

Facebook Walikota Denpasar : Rai Darmawijaya Mantra

Sumber :
Dewa Rama
23 April 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar